A Story About…

Just an Ordinary Person

Masalah-Masalah di server USDI

Terhitung semenjak pertengahan Januari 2008 (tepatnya lupa tanggal berapa) saya dan 4 orang teman dari ARC terpilih menjadi admin USDI di Rektorat (Annex) ITB. Awal mulanya kami merasa senang karene mendapat “tempat” yang baru dan tentunya mendapat “uang saku” yang baru juga😀. Namun tidak lama kami menjadi admin di sini, kami memperoleh masalah yang cukup rumit. Masalah dengan client yang aneh dan “mengejutkan”, yang sulit dan yang sepele, semua ada. Namun ada masalah dengan server yang saya tidak habis pikir mengapa terjadi di waktu yang hampir bersamaan? Hanya 1 server yang sampai saat ini belum bermasalah, yaitu server yang dipegang oleh teman saya yang bernama Alwin, server http://www.itb.ac.id yang bila server ini mati sebentar saja, maka nama ITB akan dipertaruhkan.

Sekitar seminggu yang lalu, server pusat.itb.ac.id (mail server) mengalami kerusakan, tepatnya Hard Disk drive nya mengalami bad sector dan sempat mati. Tim admin usdi saat itu juga mulai membackup isi dari server tersebut dan berusaha untuk melakukan migrasi ke msein yang lebih reliable. Komplain mulai berdatangan karena server ini mati, server ini melayani email dari berbagai domain di ITB, maklum saja jika mesin ini mati, banyak komplain berdatangan. Namun apa daya kami, kami hanya bisa berusaha sebaik mungkin, namun hasilnya masih terbatas karena kemampuan dan waktu kami juga terbatas.

Tidak lama kemudian server unit.itb.ac.id (webserver) yang memuat 93 webserver yang ada di ITB(saya sendiri kaget ketika mengetahui kenyataan ini, server jelek ternyata servisnya banyak banget, melayani sejuta umat) mati tanpa sebab yang jelas. Namun setelah saya restart ternyata masih bisa menyala, entah server ini bertahan berapa lama lagi. space Hard Disk dari server ini tinggal 5GB, database pada server ini telah mencapai 3,7GB (wow…!!). Saya sebagai penanggung jawab server ini telah melaporkannya kepada “atasan” saya. Dan katanya server unit akan diberi server yang lebih baik. Namun sampai saat ini mesin yang baru tersebut bellum ada.

Berselang satu hari, server pps.itb.ac.id (program pasca sarjana) juga mati, ini mesinnya berupa server beneran yang gede itu. Server ini bermasalah pada hardware-nya, kemungkinan pada motherboard, karena ia tidak mau menerima input dari keyboard, monitor, dll. Karena ini masalah hardware, kami juga tidak bisa berbuat banyak, kami hanya melaporkannya kepada “atasan” dan beliau melaporkannya kepada provider dari merk server tersebut (merk tidak saya sebut).

Tidak lama berselang, server sdm.itb.ac.id juga mati, hal ini juga dikarenakan masalah hardware, fan (kipas) dari mesin ini mati sehingga system secara keseluruhan tidak dapat berjalan. Seperti sebelumnya, masalah hardware ini kami serahkan kepada yang lebih mampu…😀

Fiuhhh, mengapa masalah datang terus ketika kami baru memegang amanah ini belum lama. Yah, ini adalah perjuangan, ini adalah tanggung jawab kami, semoga kami dapat bekerja dengan baik menangani servis2 dari server yang melayani sejuta umat di ITB ini… :p Amiiinnn…!!!

February 27, 2008 - Posted by | Kampus

4 Comments »

  1. Matikan saja servernya..
    Biar ramai..

    Keknya perlu tahlilan / yasinan tuh di USDI kekeke

    Comment by aisar | March 7, 2008 | Reply

  2. Tahlilan? Kalo servernya mati dan mau dikubur aja deh, wkwkwkwk…. ^_^

    Comment by Angga | March 8, 2008 | Reply

  3. justru karena ditempa dengan kerusakan dan troubleshooting itulah aku yakin nantinya kalian akan menjadi lebih baik dari pendahulu2 sebelumnya…🙂

    Comment by reditya | March 27, 2008 | Reply

  4. @Redtiya
    Amin…!!!😀

    Comment by Angga | March 27, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: