A Story About…

Just an Ordinary Person

Attitude

What can make us become a great person…?? in my opinion, the answer is “Attitude”. We’ll never be a great person without a great attitude.

Attitude atau dalam bahasa Indonesia perilaku, itulah yang dapat membuat seseorang menjadi baik atau mempunyai citra baik di mata orang lain. Perilaku yang baik memang tidak pernah masuk dalam suatu kurikulum pembelajaran di bangku kuliah atau sekolah, namun berperilaku yang baik selalu ditanamkan sejak kecil oleh orang tua kita. Sehebat apapun seseorang, sepintar apapun seseorang, jika ia memiliki perilaku yang kurang baik atau perilaku yang buruk, maka orang tersebut hampir dapat dipastikan akan dijauhi oleh lingkungannya, entah itu lingkungan kerja atau lingkungan tempat tinggalnya.

Tidak dapat dipungkiri, banyak orang yang belajar untuk pintar, banyak orang melakukan riset dan penelitian untuk menghasilkan suatu penemuan yang luar biasa, banyak orang yang ngoprek biar jadi sakti, namun apakah banyak orang yang melakukan pembelajaran untuk berperilaku baik? Mungkin masih sedikit yang melakukannya. Etika berperilaku baik tidak pernah diajarkan. Tetapi ditanamkan. Pertama sekali sewaktu kanak-kanak oleh orang tua kita, keluarga, kemudian lingkungan dan selanjutnya seiring waktu, kita sendiri.

Saya sendiri mungkin masih kurang pantas untuk berbicara tentang perilaku baik ini, karena saya sendiri belum 100% berperilaku baik. Namun saya sangat menghargai orang yang berperilaku baik. Saya jauh lebih menghargai orang bodoh, orang cupu namun berperilaku baik daripada orang pintar atau orang jago yang perilakunya seperti setan yang menjerumuskan.

Lalu bagaimana agar kita menjadi orang yang baik? Akrabi hati nurani. Tuhan telah memfasilitasi manusia dengan rambu-rambu kebaikan yang patut dijalani. Perlahan saja. Suatu saat nanti kita mulai peka atas nurani. Dan mulai saat itulah kita akan melangkah berdasarkan aturan main nurani. Bukankah hakim tertinggi penentu benar dan salah ada di hari nurani manusia? Ketika kita merasa didakwa oleh hati nurani, sebenarnya itu adalah moment yang baik bagi kita untuk kembali mengakrabi nurani. terus dan terus…….. Jika kita melakukan suatu kesalahan, nurani kita akan selalu mengatakan bahwa yang kita lakukan itu salah walaupun mulut kita mengatakan apa yang kita lakukan itu benar. Nurani tidak akan pernah bohong dan tidak akan pernah kita bohongi.

Sekarang pertanyaannya, mana yang lebih baik? Berpura-pura baik dan memiliki nurani yang cerah, atau berpura-pura tidak baik dan bernurani gelap? Silahkan jawab sendiri dan jujurlah terhadap nurani anda.

NB : Saya tidak tau bagaimana menuis dengan baik, saya menulis ini diperuntukkan kepada teman lama saya yang sudah jauh dari good attitude.

May 4, 2008 - Posted by | Corat-Coret

5 Comments »

  1. Gyahahahahahahahahaha…

    Adakah yang yang merasa tersinggung?:p

    Comment by scooterboyz | May 6, 2008 | Reply

  2. @scooterboyz
    Silahkan tebak sendiri…😀

    Comment by Angga | May 6, 2008 | Reply

  3. waduh2 ini yang di singgung termasuk aku gak ya,,,hwehehe…tapi aku bukan orang yang pinter tapi juga bukan orang yang berkelakuan baik…jadi bukan aku kayaknya..hwehehe… Astaghfirulloh..

    Comment by manyun | May 11, 2008 | Reply

  4. stuju!!!
    memang…buat apa jadi pintar tapi kelakuan minus…
    tapi kl udah pintar kelakuan baik..wah anugerah tuw…😀

    tapi kupikir…pinter itu banyak macemnya…
    jd kl definisi pintar sekarang itu karena IQnya tinggi,
    kl perilakunya baik berarti EQnya tinggi
    hehhe..pinter itu relatif sih…

    Comment by nairasmile | May 15, 2008 | Reply

  5. @Manyun
    Pikir sendiri wae lah, ngerasa nggak, hehehe😀

    @Nairasmile
    Memang bener tuh, kalau kelakuan naik dan otak encer, anugrah yang sangat patut disyukuri. Yang harus diseimbangkan menurut saya saat ini sih bukan hanya IQ dan EQ, tapi juga SQ. Jadi semuanya seimbang, Intelektual, emosional, dan spiritual. Kalau bisa seimbang semua, maknyuss tuh…😀

    Comment by Angga | May 15, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: