A Story About…

Just an Ordinary Person

Presidential Lecture featuring Bill Gates

Siapa yang tidak kenal dengan Bill Gates? Chairman (bukan manusia kursi lho, hehe) of Microsoft Corporation. Siapa yang tidak kenal dengan Susilo Bambang Yudhoyono? Orang nomor 1 di Republik Indonesia. Saya yakin pasti anda mengenal kedua orang tersebut. Hari ini saya berkesempatan untuk menghadiri acara yang narasumbernya adalah kedua orang tersohor tersebut (Thanks to Shana yang udah ngajak). Acara tersebut bernama “Presidential Lecture Featuring Bill Gates” yang diselenggarakan di JCC.

Pagi pagi sekali jam 3 saya dan beberapa teman dari ITB berangkat dari kampus, dengan mata yang sangat mengantuk karena belum tidur karena deadline tugas hari ini. Peserta yang ikut ada sekitar 30 orang mahasiswa, 15 orang dari kabinet KM-ITB, 15 orang non kabinet yang terdiri dari teman2 dari MIC (Microsoft Innovation Centers) ITB, peserta lomba Imagine Cup, dan ARC-maniasekali :p. Peserta dari universitas lain juga datang pada acara hari ini, seperti dari UI, ITS, President University, Tarumanegara, dll. Tapi sialnya di Auditorium JCC, kami dari ITB ditempatkan pada tempat duduk yang paling belakang, susah deh ngeliat SBY dan Bill Gates.

Ketika pada layar di depan panggung terlihat gambar SBY dan Bill Gates datang, saya pikir acara akan segera dimulai, ternyata tidak, karena mengetahui Bill Gates memakain Batik, maka SBY mengganti kostum yang dikenakannya dengan kostum Batik juga (nunggu lagi deh, padahal udah nunggu lama banget tadi). Setelah menunggu dan menungu, akhirnya acara dibuka. Moderator acara itu adalah menteri Perdagangan RI, Dr. Mari Elka Pangestu. Acara diawali dengan sambutan dari presiden SBY yang cukup meriah, bahasa inggris beliau sangat fasih (nggak kaya mantan presiden yang “satu” itu, hehehe). SBY memuji Bill Gates sebagai seseorang yang berjasa banyak dalam perkembangan IT termasuk di Indonesia, Presiden SBY juga berharap Indonesia dapat menjalin kerjasama yang baik dengan Microsoft agar dapat mengembangkan IT di Indonesia. Dengan program “Microsoft Campus” di USA yang diikuti oleh bibit unggul dari Indonesia juga, Presiden SBY berharap agar kelak bibit unggul tersebut dapat mengabdi ke negerinya setelah menimba ilmu di microsoft. Sambil sedikit bercanda beliau berkata agar Bill Gates memastikan bibit unggul Indonesia pulang ke negaranya setelah menimba ilmu, hehehe takut nggak balik kali ya…😀 . Gelak tawa hadirin dan tepuk tangan menghiasi seluruh ruangan setelah Presiden SBY berkata demikian.

Ada yang sedikit menarik perhatian saya. Yaitu ketika Bill Gates duduk, sikapnya menurut saya terlihat kurang sopan dengan menaikkan kakinya (bahasa Jawanya Metingkrang kalo ga salah) seperti orang2 kalau makan di warteg aja. Ketika Bill Gates menyampaikan pidatonya, dia langsung berbicara tentang materi tanpa menyampaikan penghormatan kepada presiden SBY ataupun orang2 yang ada di auditorium saat itu. Saya rasa gaya bicaranya juga kurang menarik, berpidato terus menerus tanpa ada selingan atau bercanda sedikit, sehingga banyak audience yang tertidur saat itu, termasuk teman2 dari ITB juga😀.

Bill Gates saat itu juga memamerkan software baru dari microsoft yang berfungsi mirip dengan google earth, hanya ini dapat berskala samapi ke luar angkasa. Sebelum acara ini (maaf kalau salah) saya juga mendengar kabar bahwa Bill Gates akan memberikan software gratis untuk pendidikan di Indonesia. Menurut saya sih ini hanya trik bisnis saja. Memang awalnya gratis, tapi setelah lulus dari dunia pendidikan atau memasuki dunia kerja, para user yang sudah “tergantung” dengan software tersebut akan diwajibkan untuk membelinya, hhhhh… -_-“

Di tengah-tengah pidato Bill Gates, terdapat presentasi dari Tim Aksara-ITB yang notabene adalah pemenang Imagine Cup tahun lalu. Mereka mempresentasikan hasil karya mereka. Kami dari ITB tentu saja bangga melihat kawan kami berdiri bersampingan dengan Presiden SBY dan Bill Gates. Beberapa dari kami samapi memberikan standing applause kepada mereka. Namun ada sesuatu yang “agak” mengecewakan di akhir presentasi mereka. Mereka berkata bahwa apa yang mereka lakukan tidak akan berhasil tanpa software dari microsoft, hohoho disogok apa nih ama Bill Gates, hehehe… :p

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Namun menurut saya, tanya jawab ini sudah diatur siapa saja yang bertanya dan pertanyaan apa saja yang akan dilontarkan (pengen nanya sebenernya, tapi ndak bisa, huhuhu). Setelah sesi tanya jawab selesai, maka acara ini selesai juga, beberapa dari kami berfoto di dalam ruangan. Saya juga sempat berfoto dengan pemenang imagine cup tahun ini, dan bersama presiden KM-ITB sekarang (Shana Fatina Sukarsono), hehehe gak penting dibahas.

Setelah keluar ruangan, saya dan teman2 dari ITB ngecengin menteri2 yang lewat saat itu (plus ngecengin mahasiswa dan mahasiswi dari universitas lain, :p) terutama yang alumni ITB seperti Pak Kusmayanto (jadi inget beliau semalem ada di Kick Andy bersama mas Sugeng si pembiuat kaki palsu, mas Sugeng ini waktu ditanya nggak kenal ama beliau, hehehe), Pak Wimar, dan sapa lagi lupa. Pak Kusmayanto yang saat ini menjabat sebagai menristek sempat berbicara tentang nasionalisme, beliau berkata (maaf kalau salah, saya tidak ingat 100%), “coba lihat di sini, barang2 impor semua, mengapa kita tidak bisa memakai barang buatan negeri sendiri? mari mulai dari teman2 ITB ini, tumbuhkan rasa nasionalisme kalian, bikin inovasi”. Yah intinya ingin membangkitkan semangat anak2 ITB dalam berkarya. Sebenarnya pertanyaan2 kepada beliau cukup banyak, tapi saya tidak ingat apa saja.

Ketika berkumpul dengan Pak Wimar, kami malah dikenalkan dengan teman2 dan asistennya yang masih muda. Waktu tau kalau Presiden KM ITB saat ini adalah seorang perempuan, beliau merasa cukup bangga juga ada perempuan yang berhasil jadi pemimpin di ITB. Beliau juga sempat nyeletuk “Kalau saya ke mana2 diikuti oleh wanita, tapi Shana ke mana2 diikuti oleh laki-laki” karena saat itu pengikut Pak Wimar kebanyakan wanita dan yang pengikut Shana saat itu kebanyakan laki-laki, hehehe.

Kami juga bertemu dengan Enda Nasution yang belakangan ini sering disebut namanya oleh Pakar “Palsu” Telematika, Roy Suryo. Enda Nasution ini dianggap Blogger negatif oleh Roy Suryo. Ketika bertemu dengan beliau, beliau bercerita tentang terbentuknya KM di tahun 90-an.

May 9, 2008 - Posted by | Corat-Coret

6 Comments »

  1. wah ikut acara promosi microsoft ya…. :p
    Bill gates lagi…Bill gates lagi…
    microsoft lagi…microsoft lagi….

    bosen……
    Roy suryo dateng juga gak? hehe

    Comment by manyun | May 10, 2008 | Reply

  2. microsoft busuk….baunya sampe kayak bangke(tp gw masih pake XP)
    wah coz bosen lah pasti ngeliatin n ngedengerin laki2..
    mending dateng ke acara NIX 08 (National IT eXpo), di JCC juga meskipun g segede acara nya FKI tapi SPG2 nya manteb2, jaminan mata melongo n g ngantuk :))

    Comment by jawa | May 10, 2008 | Reply

  3. @Manyun
    Roy Suryo ngapain dateng?gak guna dia dateng, hahaha… ^_^

    @Jawa
    aku curiga iki si Hafiz (temen kosan)
    Astaghfirullah, nyebut le nyebut… tujuan kita ke sana bukanlah untuk SPG dan hal2 yang begituan, hahaha… :p

    Comment by Angga | May 10, 2008 | Reply

  4. Pameran di JCC kemaren itu mah pameran kecil,,,kalau mau yang besar sekitar bulan maret n nopember…gede banget pamerannya…harga barang2nya juga murah2..asyik pokoke..SPG-nya juga yahooood goyangnya mak wuuut wuuut…bagi yang seneng ngintipin SPG mantep itu…tapi aku bukan termasuk…hwehe

    Comment by aseem | May 11, 2008 | Reply

  5. wah..asik ya..bisa liat langsung bill gates..
    salaman ga…sapa tau bakat bisnisnya nular😀

    Comment by nairasmile | May 15, 2008 | Reply

  6. @aseem
    Mau liat pamerannya ato SPG-nya…?? hahaha… ^_^

    @nairasmile
    ngapain salaman ama orang sok2an itu..?? “attitude”nya kurang baik mbak, kan yang penting attitude dibandng kepintaran otak, seperti postingan saya sebelumnya, hehehe tul gak…??😀

    Comment by Angga | May 15, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: