A Story About…

Just an Ordinary Person

Thomas and Uber Cup 2008

Baru saja salah satu event olahraga besar tahun ini berlangsung. Event 2 tahunan untuk olahraga Bulutangkis yang tahun ini diadakn di Jakarta. Yah, event itu adalah Thomas dan Uber Cup. Tim Thomas Indonesia terdiri dari (Tunggal) Taufik Hidayat, Simon santoso dan Sonny Dwi Kuncoro. (ganda) Luluk Hadianto-Alven Yulianto, Markis Kiddo-Hendra Gunawan. Sedangkan tim uber Indonesia terdiri dari (Tunggal) Maria Kristin, Firdasari dan Via Zebaidah. (Ganda) Jo Novita-Geisya Polli dan Vita Marissa-Liliana Natsir. Target tim Thomas Indonesia kali ini adalah meraih piala Thomas alias menjadi juara, sedangkan target dari PBSI untuk tim uber Indonesia adalah mencapai babak semifinal. Namun apa yang terjadi pada kejuaraan ini..?? Ternyata ada yang mengecewakan dan ada yang menggembirakan.

Yang mengecewakan apa? Ternyata, tim Thomas Indonesia yang diunggulkan ternyata langkahnya terhenti di babak semifinal. Tim Thomas Indonesia kalah 3-0 melawan Korea. Saya agak kecewa karena sewaktu melihat pertandingan semifinal Thomas Cup, permainan dari tim Indonesia dapat dibilang buruk Tim Thomas yang notabene memiliki rangking di atas lawannya (Korea), ternyata tidak bisa berbuat banyak. Sony Dwi Kuncoro yang berada pada peringkat 6 dunia (CMIIW) kalah pada permainan pertama oleh Park Sung Hwan,pemain yang rangkingnya berada di bawah dia. Sony kalah dalam 3 set dengan skor 21-12, 12-21, dan 21-18. Pada pertandingan berikutnya, ganda nomor 1 dunia, Markis/Herman bertekuk lutut dalam 3 set kepada pasangan Korea Jung Jae-sung dan Lee Yong-dae dengan skor 21-19, 18-21, dan 21-10. Kemudian pada pertandingan ketiga, Taufik Hidayat kalah 2 set langsung oleh Lee Hyun Il dengan skor 21-13, 21-14. Memang jika diamati, permainan tim Thomas kali ini tidak begitu gemilang, sewaktu bertanding pada semifinal kemarin seperti tidak ada spirit untuk menang, permainannya terkesan membosankan dan tidak seru.

Lain halnya dengan tim uber. Tim Uber Indonesia awalnya diragukan oleh banyak orang, tetapi ternyata mereka memberikan hasil yang sangat memuaskan. Mereka berhasil menembus semifinal bahkan memenangkan semifinal dan masuk ke babak final melawan juara bertahan China. Permainan tim Uber Indonesia menurut saya sungguh sangat mengejutkan, permainan mereka sangat bagus, pertandingan yang dimainkan oleh tim uber sungguh seru. Tim Uber Indonesia menundukkan Jerman 3-1. Pemain muda yang masih berumur 19 tahun yang kemarin mendapatkan medali emas pada Sea Games, Pia Zebadiah menjadi penentu pada kemenangan Indonesia. Menurut pemberitaan di media, Pia menangis setelah memenangkan pertandingannya, hari itu juga menurut pengakuan Pia adalah tepat 40 hari meninggalnya Ayahanda Pia.

Pada pertandingan final yang berlangsung tadi, memang rangking para pemain Indonesia jauh di bawah China. Tunggal pertama China menduduki perinkat pertama dunia, ganda pertama China juga menempati peringkat pertama dunia, tunggal kedua China menempati peringkat ketiga Indonesia. Sedangkan tunggal pertama Indonesia, Maria Kristin, berada pada peringkat 16 dunia, ganda pertama IndonesiaVita Marissa-Liliana Natsir berada pada peringkat 9 dunia, dan tunggal kedua Indonesia Firdasari berada pada peringkat 34 dunia (maaf kalau ada salah menyebutkan peringkat, agak lupa, hehehe). Indonesia kalah 3-0 oleh China pada babak final. Namun tim uber memberikan tontonan yang sangat bagus, permainan mereka bagus, bahkan ganda pertama Indonesia sempat menag 1 set melawan ganda pertama China. Memang di atas kertas pemain Indonesia kalah jauh di bawah pemain China, namun mereka menunjukkan semangat juang yang luar biasa. Prestasi mereka juga telah melampaui apa yang ditargetkan oleh PBSI. Piala Uber tahun ini sepertinya menjadi titik balik akan kebangkitan Bulutangkis wanita Indonesia. Terakhir kali Indonesia masuk final Uber Cup adalah tahun 1996, ketika Susi Susanti, Mia Audina dkk masih menjadi pemain. Setelah itu Bulutangkis Wanita Indonesia seolah tenggelam dari peredaran. Saat ini Susi Susanti menjadi manajer dari pemain wanita bulutangkis Indonesia.

Yah, semoga dengan prestasi yang cukup menggembirakan ini Bulutangkis Indonesia, terutama untuk wanita semakin naik. Untuk tim pria, semoga mereka sadar dan tidak terlalu menganggap remeh musuhnya, jangan merasa di atas angin. Semangat terus atlet bulutangkis Indonesia…!! Harumkan nama Indonesia di kancah pertandingan Internasional..!!

May 17, 2008 - Posted by | Corat-Coret

9 Comments »

  1. Taun ini Thomasnya rada mengecewakan padahal main di kandang sendiri xD

    Comment by F4154LMAN | May 17, 2008 | Reply

  2. satu kata mengecewakan…. :p

    ganda uber bagus tuh….

    Comment by manyun | May 17, 2008 | Reply

  3. @manyun
    yepp…ganda ubernya keren banget..bs maen 3 set padahal lawannya ganda putri no.1 dunia..sayang, di final pia ga sempet maen…
    saya juga salut sama ganda putranya korea…hebat..bisa ngalahin ganda no.1 dan 2 dunia…

    Comment by nairasmile | May 19, 2008 | Reply

  4. eem,permainan tim uber indonesia udah sangat bagus sekali sy bangga.

    Comment by arif maukana | May 19, 2008 | Reply

  5. tapi final korea-cina seru juga tuh!
    kalo topik yang maen mah ragu dah bisa kayak gitu!-_-
    salut buat tim uber!

    Comment by dhzcorner | May 19, 2008 | Reply

  6. @F4154LMAN
    Bener…!! Malu2in tuh… -_-”

    @Manyun
    Setujuh…!! Uber bagus bener dah..

    @nairasmile
    idem…đŸ˜€

    @arif maukana
    Saya juga bangga, semoga saja prestasi pemain bulutangkis wanita Indonesia semakin menanjak..!!

    @dhzcorner
    hmmm, saya males ngeliat final Thomas, hehehe.
    Topik mah temennya Tema ama Judul, itu sering dibahas kalo kita bikin karya Ilmiah, Topik, Tema, dan Judul. wakakaka…. ^_^

    Sekali lagi, salut untuk tim uber…!!

    Comment by Angga | May 19, 2008 | Reply

  7. numpang salut juga buat perjuangan tim Uber.. wah, top bgt lah, semangatnya tu kerasa mpe membakar udara bandung pas aku nonton huehehe..

    ga kayak pas nonton tim thomas dihajar.. apalagi topik hidayat yg makin ndut (kyk gw aja)

    Comment by aisar | May 19, 2008 | Reply

  8. @aisar
    Topik Hidayat udah cupu ah sekarang, hehehe. Kow makin ndut ya?mangkanya ndak ikutan Badminton ama anak2 kemaren, seru bro! Aing menang terus tak terkalahkan, huahuahua…. Sombong mode ON…. ^_^

    Comment by Angga | May 19, 2008 | Reply

  9. sony lemes bgt,taufik kian terpuruk,maria masih labil,butet vita???kuerennn bgd…

    Comment by destyana natsir | May 29, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: