A Story About…

Just an Ordinary Person

KP Telkom Risti

Hmmm, sebenernya udah lama pengen nulis tentang KP ini, tapi baru sempet sekarang, hehehe… Postingan ini juga ditulis di sini.

Telkom Risti (gedung tempat saya KP)

Telkom Risti (gedung menara)

Saya KP di Telkom Risti sejak tanggal 9 Juli. Ada 15 orang mahasiswa dari Elektro ITB yang KP di Telkom Risti dan kesemuanya dari subjur Teknik Telekomunikasi. 15 orang tersebut ditempatkan pada posisi kerja yang berbeda, 9 orang satu gedung dengan saya, sisanya beda gedung. Yang satu gedung dibagi lagi ke 2 Lab Saya dan 4 orang teman (total 5 orang) ditempatkan di Lab.Wireless yang mempelajari komunikasi nirkabel, 4 orang ditempatkan di Lab.NGN yang mempelajari komunikasi IP based.

squad Lab wireless ( dari kiri: Bayu, Ken, Angga, Nova, Nanda)

Lab.Wireless (sektor ini biasanya untuk rapat)

Di sana saya awalnya mendapatkan topik tentang mobile TV dan Femtocell, namun seminggu yang lalu, topik KP saya diganti menjadi CDMA (semuanya gak ada yang ngerti, huhuhu). Sampai sekarang kerjaannya pun masih studi literatur (secara saya belum tahu apa2 tentang topik itu). Dikasih buku oleh pembimbing saya (waktu cari ebook-nya ternyata ada, download dah:mrgreen: ), suruh mempelajari, ntar dipresentasikan, wew… Belajar komunikasi nirkabel tu susah banget, kalo di kampus itu seperti di Lab.Radar. Lha wong mata kuliah Medan Elektromagnetik dan Sistem Komunikasi saya ngulang, hehehe. Mumet lah mempelajari topik KP itu.

Di lab itu saya dan teman2 tidak hanya studi literatur, ada kerjaan lain, dan kerjaan itu adalah “Penjahat Bandwidth” , hahaha. Saya dan teman2 biasanya download, sambil ditinggal belajar. Saya sih gak gitu banyak downloadnya karena bandwidth yang saya dapet kecil, teman saya yang dikasih komputer dari situ dapet bandwidth gede, sehingga kalo download kenceng banget (kalo komputer situ keknya emang dicatet mac-addres nya dan dikasih bandwidth gede, tapi komputer luar atau laptop dikasih kecil, huhuhu). Kalau dihitung hitung, sehari teman saya itu bisa download sampai 5GB, wew…!!! Saya sih yaaaa, dikit lah, cuman untuk cari2 ebook, literatur, dan sedikit lagu (rada ngeles, hahaha).

Biasanya karena stres studi literatur terus, saya main2 ke Lab sebelah, di Lab NGN. Di sana lebih enak, dikasih alat langsung, dan yaaa saya coba bantu2 dikit nyeting2 gitu deh. Topik yang dibahas di NGN ini rada berkaitan dengan topik TA (Tugas Akhir) yang insyaAllah saya ambil ntar (udah dapet dosen pembimbing sekarang, partner juga udah dapet, doain aja bisa lancar dan cepet lulus, amin..!!).

Hmmm, mungkin cukup segitu dulu, kapan2 disambung lagi. Berikut ada beberapa gambar dari squad Telkom Risti (halah). Dapat terlihat ketika akan makan siang betapa kompak dan hangatnya hubungan kami, layaknya keluarga Elektro ITB… ^_^

*Foto atas (searah jarum jam) : Gun gun, Adhy (gak keliatan wajahnya hehe), Ken (lagi moto juga -_-), Bayu, Albaz, Yudha, Burhan, dan yang punya blog ini😀

*Foto Bawah (searah jarum jam) : Sunly, Nanda, Rima, Daniel, Fajar

July 12, 2008 - Posted by | Corat-Coret, Kampus

6 Comments »

  1. […] KP Telkom Risti Posted July 12, 2008 Filed under: Telekomunikasi | Hmmm, sebenernya udah lama pengen nulis tentang KP ini, tapi baru sempet sekarang, hehehe…Postingan ini juga saya post di sini […]

    Pingback by KP Telkom Risti « KP Elektro ITB 2005 | July 12, 2008 | Reply

  2. Ass.Mau nanya mas. Saya adalah anak MIPA FISIKA yang pernah magang di TELKOM Infratel Banjarmasin KAL-SEL.Trus mau buat TA disana tapi saya bingung topik yang saya bahas kurang tajam, tentang bagaimana menganalisis loss daya optik dengan skala LAB disana, dengan alat yang ada kaya OTDR dan Splicing, dimungkan nga’ ka?.Makasih kalo kaka mau membalas.

    Comment by yuesnia | March 30, 2009 | Reply

  3. @Yuesnia
    Wa’alaykum salam wr wb.
    Wah, saya sendiri masih kurang berkompeten tentang materi itu, saat ini saya baru ambil mata kuliah tentang Optik, itupun hanya dasarnya saja.

    Mungkin bisa menghubungi orang Telkom langsung saja. Bisa juga bertanya kepada pembimbing KP saya (Pak Hazim Ahmadi) . Beliau kerja di Telkom R&D Center Bandung.tapi beliau sepertinya fokus pada wireless dan CDMA gitu, entah kalau Optik. Kalau mau juga silahkan menghubungi pembimbing TA saya (Pak Eueung Mulyana), beliau juga lebih berkompeten daripada saya. Namun perlu diperhatikan, kedua orang tersebut termasuk orang yang sibuk, jadi sabar saja kalau belum direspon.

    Semoga bisa sedikit membantu.

    Comment by Angga | March 31, 2009 | Reply

  4. pengen KP di Risti juga nih, tapi masalahnya aku jurusan teknik industri Undip mas…?
    nyambung gak KP disana?

    Comment by fanti | May 31, 2009 | Reply

    • Ya kalau di sana ada topik tentang dunia perindustrian bisa saja. Coba saja kamu hubungi langsung ke pihak Risti. Kalau kamu punya topik yang berkaitan dengan telekomunikasi dan industri bisa juga diajukan di sana.

      Comment by Angga | May 31, 2009 | Reply

  5. prosedur untuk magang disana gimana ya? soalnya rencana mau kp disitu, tapi ngga tinggal di jawa

    Comment by rifqah | May 3, 2013 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: