A Story About…

Just an Ordinary Person

WordPress-2.7 dan WordPress-2.6

Beberapa hari yang lalu, pagi2 banget saya terima sms dari dosen pembimbing TA saya, tapi isinya tidak berkaitan dengan TA sama sekali, hehe. Isinya beliau meminta saya untuk menonaktifkan website KK Teknik Telekomunikasi ITB yang sekarang sudah jadi jurusan. Beliau meminta saya untuk menonaktifkan website tersebut karena ada peraturan baru tentang website dari STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika) ITB. Untuk lebih jelasnya saya disuruh menemui salah seorang staf TU Lab Telmat. Setelah menemui staf TU tersebut, bukannya ngerti, malah bingung dengan apa yang dijelaskan -_- (orang TU itu sendiri juga bingung, hehe). Tapi setelah ngobrol dengan ketua Lab.Telmat , diputuskan untuk mengganti website tersebut. Intinya ada beberapa isi dari website lama yang akan dicantumkan di website STEI, dan tidak boleh dicantumkan di web KK. Karena yang membuat website yang lama adalah dosen pembimbing TA saya yang sangat sibuk sekali, jadi beliau tidak sempat untuk mengeditnya. Karena saya gak ngerti tentang web akhirnya diputuskan untuk memasang WordPress untuk website itu, dengan themes Inharmonia Progressio (Themes web ITB yang baru).

website KK Teknik Telekomunikasi lama

website KK Teknik Telekomunikasi lama

Setelah itu saya pasang wordpress di servernya, karena pengen selalu up to date, saya pasang versi yang paling baru, wordpress-2.7 . Setelah itu saya pasang themes Inharmonia Progressio (aslinya nyolong dari server laen, lupa harusnya download di mana, untuk yang ngerasa dicolongin, maaf ya, hehehe). Tampilan dashboard-nya emang bagus, lebih mudah digunakan daripada versi yang sebelumnya. Tampilannya seperti ini

Dashboard WordPress-2.7

Dashboard WordPress-2.7

Setelah itu beberapa content dari website yang lama saya pindahkan ke yang baru, tapi tidak sampai selesai, karena saya harus kuliah. Besoknya saya bilang ke ketua Lab.Telmat kalo webnya sudah jadi, tapi content-nya belum semua dimasukkan, beliau bilang “Wah, cepet banget, bentar saya liat” . Hmmm, dapet pujian dari ketua Lab:mrgreen: . Menurut beliau, themes-nya bagus (padahal hasil comot di web laen, hihi), tinggal isi kontennya saja. Begitu mau keluar dari ruangan beliau memanggil lagi, “Kok web ini diakses jadi lambat ya?kenapa gitu?padahal kan servernya baru? Web yang lama gak lambat kalo diakses”. Waduh, kenapa ya? Waktu saya cek juga gitu, terasa lambat. Hmmm, ntar deh Pak saya cek lagi, kata saya ke beliau. Padahal tadi dipuji, sekarang bingung kenapa tuh web jadi lambat -_-

Dicoba-coba, diobok-obok, diurek-urek (halah istilahnya) ampe mabok juga gak ngerti kenapa tuh website jadi lambat. Kemudian saya coba bandingkan dengan website lain yang juga memakai wordpress, ternyata web lain cepet kok. Hmmmm, mungkin versi wordpress-nya beda kali ya? Akhirnya saya coba downgrade wordpressnya, saya pasang wordpress-2.6.5, dan setelah itu, taraaaaaa……!!! Walaupun dashboard-nya tidak sebagus yang baru, website itu jadi cepet seperti biasa, huehuehue… Walaupun saya tidak tahu apakah benar karena beda versi itu yang menyebabkan jadi lambat, yang jelas setelah saya pasang wordpress-2.6.5 website itu jadi lebih cepat, udah gak usah ambil pusing lagi, hahaha… :))

Dashboard WordPress-2.6.5

Dashboard WordPress-2.6.5

Setelah itu kembali ke pekerjaan memindahkan konten yang ternyata banyak banget, dan sampai sekarang pun belum selesai, huffff…. SEMANGAT…!!! Dan inilah tampilan website Teknik Telekomunikasi ITB yang baru (keknya banyak banget web di ITB yang tampilannya seperti ini, hehehe). Website ini gambar di atasnya itu bisa berubah-ubah setiap kali di refresh/random image (penting gitu?), mau tau? silahkan aja coba sendiri..!! (promosi agar trafiknya tinggi..đŸ˜€ )

Website KK Teknik Telekomunikasi baru

Website KK Teknik Telekomunikasi baru

February 20, 2009 - Posted by | Corat-Coret, Kampus | , ,

1 Comment »

  1. wah, theme wordpress nya bagus. boleh minta theme nya ga mas?? hehe

    Comment by togaptartius | February 16, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: