A Story About…

Just an Ordinary Person

Gmail error

Hari Selasa kemarin (24-02-2009), Gmail (email dari google) mengalami gangguan. Waktu itu saya akan membuka akun gmail, namun apa yang terjadi? Yang muncul bukanlah inbox dari email saya namun kata-kata

Server error

We’re sorry, but Gmail is temporary unavailable. We’re currently working to fix the problem– Please try logging in to Your account in few minutes.

Gmail error

Gmail error

Waktu itu saya cukup panik, karena di inbox itu ada pengumuman tentang test yang akan dilaksanakan keesokan harinya, berkali-kali saya coba login ke akun Gmail, lagi lagi dan lagi, namun hasilnya tetap sama, tampilan “Server Error” itu yang saya dapatkan, hhhh…

Namun yang error hanyalah servis web-based email saja, untuk servis lain seperti google reader, search engine masih berjalan normal. Notifikasi jika ada email masuk (Melalui Gtalk atau Digsby) juga berjalan normal. Walaupun servis yang lain berjalan normal, tetap saja tidak mengubah kepanikan saya, karena yang saya butuhkan saat itu adalah membaca inbox tentang pengumuman test keesokan harinya.

Akhirnya, karena capek ngecek email dan gagal terus, pasrah deh! Keesokan harinya, pagi banget sekitar setelah Shubuh, saya kembali cek email, dan Alhamdulillah sudah kembali normal. Pengumuman tentang test itu juga bisa saya peroleh…😀 (test yang membuat kepala cukup panas, hehe).

Setelah kejadian ini, pihak Gmail meminta maaf kepada para user, salah satu petikan beritanya adalah

Acacio Cruz, Gmail Site Reliability Manager wrote on the company blog: ‘We know that for many of you this disrupted your working day. We’re really sorry about this, and we did do everything to restore access as soon as we could.’

Berita selengkapnya dapat dibaca di sini.

Ternyata emang berat banget memegang servis yang melayani banyak orang, “downtime” harus benar2 diperhatikan, error sekecil apapun jika menggangu layanan harus sesegera mungkin ditangani karena bisa jadi layanan itu sangat diperlukan oleh user. Hayoooo, para admin yang memegang server-server penting, silahkan diperhatikan lagi layanannya, selalu siap sedia 24 jam sehari, 7 hari seminggu (menuding diri sendiri yang sempat merasakan jadi admin dan dikomplain berkali-kali, kemaren juga ada dosen yang komplain karena gak bisa mengakses akun emailnya, hehehe).

February 25, 2009 - Posted by | Corat-Coret, Internet | , , ,

6 Comments »

  1. om mimin gajinya pasti gede…hehehe

    Comment by manyun | May 14, 2009 | Reply

    • gaji gede tapi kok ga reliable ngene? ehehe

      Comment by Angga | May 14, 2009 | Reply

  2. namanya juga manusia….pasti ada kelemahannya…
    lek selalu siap 24 jam sehari 7 jam seminggu yo g iso coz…lek di gawe shift2 an baru iso….

    Comment by manyun | May 14, 2009 | Reply

    • kan admine ora mung 1, hehe

      Comment by Angga | May 14, 2009 | Reply

  3. coz carane buka web sing di blok piye??

    Comment by manyun | May 14, 2009 | Reply

    • rahasia… :p
      hayo arep buka2 opo? buka sing enggak enggak kowe biasane, tobat le…!!😀

      Comment by Angga | May 14, 2009 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: